INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Wonoyoso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, Pelayanan Kantor hari Senin sampai dengan hari Kamis Pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 dan untuk hari Jum'at pukul 08.00 s/d pukul 11.00 WIB. "HATI-HATI PENIPUAN DENGAN MODUS MINTA DI TRANFER DANA DENGAN MENGAKU KEPALA DESA ATAU PERANGKAT DESA"

PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO TAHUN 2024 DESA WONOYOSO

PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO TAHUN 2024 DESA WONOYOSO

Pada hari jumat tanggal 19 Januari tahun 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024 dengan tema Ayo Putus Mata Rantai Penularan Polio dengan Sub Pin Polio, kegiatan yang dilaksanakan di Kediaman Kepala Desa Wonoyoso Imam Maskuri ini dikomandoi oleh para kader desa Wonoyoso, didukung oleh tim dari Puskesmas.

Ini adalah imunisasi untuk tahap 1 dan 2 ini dengan jarak antara dosis 1 dan 2 adalah 28 hari. Untuk Desa Wonoyoso sekitar 251 anak sasaran Imunisasi dari umur 0 sampai dengan 7 tahun 11 bulan. Untuk anak- anak usia 0-59 bulan dengan jumlah 159 anak, usia 5-7 tahun 40 anak, lebih dari 7 tahun 55 anak.        

Untuk tingkat partisipasi masyarakat, kegiatan ini sudah sangat bagus, ini adalah karena andil para kader yang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya imunisasi untuk hadir dalam imunisasi.

Syarat dan Persyaratan 

Agar anak-anak dapat mendapatkan vaksinasi, beberapa syarat dan persyaratan harus dipenuhi oleh orang tua atau wali. Pertama, wajib membawa Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sebagai bukti identitas dan rekam jejak kesehatan anak. Kedua, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) juga diperlukan untuk administrasi keperluan pelaporan. Ketiga, anak-anak yang hendak divaksin harus dalam kondisi sehat saat pelaksanaan kegiatan.

Pelaksanaan dan Petugas Kesehatan 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan bantuan petugas kesehatan dari Puskesmas Kuwarasan. Mereka adalah tenaga kesehatan yang berpengalaman dalam memberikan vaksinasi dan merawat kesehatan anak-anak. Petugas kesehatan tidak hanya memberikan vaksinasi, tetapi juga memberikan informasi kepada orang tua atau wali mengenai pentingnya imunisasi polio untuk mencegah penyakit tersebut menyebar di masyarakat.

Jumlah Sasaran 

Jumlah sasaran Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 di Desa Wonoyoso mencapai 251, sasaran Imunisasi dari umur 0 sampai dengan 7 tahun 11 bulan. Untuk anak- anak usia 0-59 bulan dengan jumlah 159 anak, usia 5-7 tahun 40 anak, lebih dari 7 tahun 55 anak.

Dukungan Masyarakat 

Masyarakat Desa Wonoyoso terlihat antusias mendukung kegiatan ini dengan mengantar anak-anak mereka untuk divaksin. Keterlibatan aktif dari masyarakat menjadi kunci keberhasilan program imunisasi, dan ini adalah langkah positif menuju menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari penyakit. Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 di Desa Wonoyoso merupakan bukti nyata bahwa kesadaran akan pentingnya imunisasi terus tumbuh di kalangan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan angka kasus polio dapat dikendalikan dan kesehatan anak-anak dapat terjaga dengan baik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip POSYANDU

Statistik Pengunjung