Hujan Deras Tak Kunjung Berhenti, Areal Persawahan di Desa Wonoyoso Kebanjiran

Hujan Deras Tak Kunjung Berhenti, Areal Persawahan di Desa Wonoyoso Kebanjiran

Hujan deras mengguyur hampir seluruh kawasan di Kecamatan Kuwarasan kususnya Desa Wonoyoso. Dimana banyak areal persawahan di kawasan ini terendam banjir. Hal ini dikarenakan hujan deras yang mengguyur Desa Wonoyoso sejak pukul 22:00 WIB yang terus berlanjut hingga pagi hari. Areal persawahan yang terendam banjir antara lain lahan pertanian yang ada di Dusun Kecepit. Kebanyakan sawah yang terendam banjir merupakan area persawahan yang terdapat di dekat jalur irigasi, Selasa (23/11/21). 

Untuk dikawasan Dusun Kecepit sendiri selain karena derasnya hujan dan luapan air sungai, banjir disebabkan juga oleh kiriman air dari bendungan Sempor. Sehingga sungai yang sudah penuh dengan air dari hulu sungai tidak bisa menampung air kiriman dari bendungan Sempor tersebut. Akibatnya air menggenangi area persawahan. 

Curah hujan yang tinggi menyebabkan aliran sungai yang melintasi areal persawahan meluap dan menyebabkan sawah terendam banjir. Akibatnya banyak tanaman yang ditanam terancam mati karena busuk tergenang air. Tanaman padi juga terdampak banjir yang terjadi. Sebagian besar petani di desa yang terendam banjir baru saja mulai tanam padi. Sawah yang baru saja tanam padi terancam gagal karena perakarannya yang belum kuat mengakibatkan padi terlepas dari tanah yang terendam banjir. Akibatnya banyak padi yang baru saja ditanam mati karena tergenang oleh banjir.